Apa yang anda butuhkan sobat

Wednesday, March 13, 2019

( RPP ) RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

BABI
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TEMA                                    : Tugasku Sehari-hari
SUBTEMA                            : Tugasku Sebagai Umat Beragama
PEMBELAJARAN KE       :  5 (Lima)
WAKTU                                : 5X 35 Menit
KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
2.      Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan Guru
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

A.    PJOK
KOMPETENSI DASAR
3.10 Mengetahui apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10Mencer itakan tentang apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
INDIKATOR
3.10.1  Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.10.2  Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.10.3 Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10.1 Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10.2 Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik.
PPKn
B.     PPKN
KOMPETENSI DASAR
3.1 mengenal simbol –simbol pancasila dalam lambang negara “garuda pancasila”
3.2 Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkanya terhadap beberapa simbol pancasila
INDIKATOR
3.1.9 Menunjukan contoh perilaku disekolah yang sesuai dengan makna simbol dan sila pertama pancasila dalam lambang negara garuda pancasila
4.1.6Berprerilaku disekolah sesuai makna simbol sila pertama pancasila dalam lambang negara garuda pancasila

C.    BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan Guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan sekolah dan mengaitkanya dengan pengalamanya terhadap beberapa simbol sila pancasila
INDIKATOR
3.2.2 Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar
4.2 Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas



TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.      Dengan mengamati media gambar, siswa dapat mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik dengan cermat.
2.      Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik dengan cermat.
3.      Dengan mengetahui kegiatan yang biasa dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik, siswadapat mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisikdengan cermat.
4.      Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik dengan percaya diri.
5.      Dengan memperhatikan gambar, siswa dapat menceritakan kegiatan yang perlu dihindarisetelah melakukan aktivitas fisik dengan percaya diri.
6.      Dengan menanya teman, siswa dapat mencatat dokumen keluarga yang dimiliki temannyadengan disiplin.
7.      Dengan catatan dokumen keluarga, siswa dapat menceritakan isi dokumen milik keluargadengan percaya diri.
8.      Dengan dokumen keluarga yang telah dibacakan, siswa dapat mencatat dokumen temanyang berbeda dengan cermat.
9.      Dengan catatan harian yang telah dibacakan di rumah, siswa dapat membacakan kembaliteks buku harian dokumen milik keluarga yang telah ditulis dengan cermat.
10.  Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan manfaat dipatuhinya aturan dalamkehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
11.  Dengan diskusi kelompok, siswa dapat mengelompokkan dokumen teman berdasarkandokumen pribadi dan dokumen keluarga dengan percaya diri.
MEDIA dan ALAT PEMBELAJARAN:
o   Gambar bermain bola tangan
o   Bola plastik
o   Gambar simbol dan lambang Garuda Pancasila
o   Buku siswa




PENDEKATAN DAN METODE
            Strategi            : Cooperative Learning
            Metode            : Tanya Jawba, Diskusi dan Ceramah

KEGITAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DISKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
KETERANGAN
Pendahuluan
Ø  Mengucapkan salam terlebih dahulu (Assalamu’alaikum Wr.Wb/ Selamat Pagi)
Ø  Mengajak semua sisiwa berdo’a menurut agama dan kepercayaanya masing-masing
Ø  Melakukan interaksi dan komunikasi dengan sisiwa untuk tahp perkenalan sekaligus absensi kehadiran siswa
Ø  Memberikan Ice Breaking kepada siswa sebelum dimulainya pelajaran
Ø  Menginformasikan tema hari ini yang akan dipelajari bersama “TUGASKU SEBAGAI UMAT BERAGAMA”

Jam pertama Guru Utama Islakhul Muttaqin.

Jam kedua Guru Utama Murod Ihsan Kamal.

Inti
Ø    Mengajak sisiwa untuk bernyanyi “Garuda Pancasila”
Ø    Guru membentuk para siswa dalam lima kelompok
Ø    Guru memberikan gambar dan simbol yang tertera pada “GARUDA PANCASILA”
Ø    Memberikan bimbingan tentang isi pancasila untuk siswa bisa faham dan hafal tentang “PANCASILA”
Ø    Memberikan pengerahan terhadap siswa yang masih belum hafal.
Ø    Guru (Islah) Membimbing siswa untuk mengamati gambar “Beni dan teman-teman bermain bola tangan” dengan cermat
Ø    Guru mengaplikasikan permainan tersebut.
Ø    Siswa menanya tentang gambar “ Beni dan teman-teman”
Ø    Siswa Membacakan cerita narasi tentang bermain bola tangan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas
Ø    Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang bisa dilakukan dan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik




Penutup
Ø    Menanyakan kembali sedikit pembelajaran yang sudah dipelajari hari ini sekaligus bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
Ø    Bersama-sama membuat kesimpulan atas pelajaran hari ini
Ø    Melakukan penilaian hasil pelajaran
Ø    Mengajak semua sisiwa berdo’a menurut agama dan kepercayaanya masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran hari ini)
Ø     



KEPALA SEKOLAH                                                                        GURU KELAS                                 

Sri Sundari                                                                                        Siti Maghfiroh
TEMA                                    : Aku dan Sekolah Ku
SUBTEMA                            : Tugas-tugas Sekolah Ku
PEMBELAJARAN KE       :1 (Satu)
WAKTU                                : 5X 35 Menit

KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang  dianutnya
2.      Memiliki  perilaku jujur,  disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan per-caya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan Guru.
3.      Memahami pengetahuan  faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang  jelas dan logis,  da- lam  karya yang  estetis, dalam gerakan yang  mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang  mencerminkan perilaku anak beriman dan be-rakhlak mulia.
A.    MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
o   Mengenal nilai  tukarantar pecahan uang.
o   Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban.
INDIKATOR
o   Menyebutkan berbagai nilai  pecahan uang.
o   Menunjukkan berbagai nilai  pecahan uang.
B.     PPKn
KOMPETENSI DASAR
o   Mengenal simbol-simbol sila  Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
o   Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.

INDIKATOR
Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari  sila  pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila  pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
C.    BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR
o   Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan Guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis  yang  dapat diisi  dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
o   Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis  yang  dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
INDIKATOR
o   Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
o   Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
D.    SBDB
KOMPETENSI DASAR
o   Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
o   Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
INDIKATOR
o   Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari- hari.
o   Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki,dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau media yang  lain.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.      Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar dengan teliti.
2.      Dengan mengamati  gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat mengajukan pertanyaan sesuai gambar dengan percaya diri.
3.      Dengan mengamati  gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan teliti.
4.      Dengan mengamati  gambar siswa yang   berdoa dengan khidmat, siswa dapat berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari  sila  pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan teliti.
5.      Dengan mengamati gambar berbagai pecahan mata uang, siswa dapat  menyebutkan berbagai nilai   pecahan mata uang dengan teliti.
6.      Dengan mengamati berbagai pecahan mata uang, siswa dapat  menunjukkan berbagai nilai   pecahan mata uang dengan teliti.
7.      Dengan mengikuti gerakan pada lagu  “Di Sini  Senang di Sana  Senang”,  siswa  dapat  mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
8.      Dengan mengamati gambar bentuk gerak anggota tubuh, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan dengan percaya diri.
9.      Dengan tanya jawab tentang tugas-tugas  di  kelas, siswa dapat menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan teliti.

MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
1.    Gambar berbagai kegiatan di kelas.
2.    Gambar perilaku sesuai simbol sila pertama Pancasila.
3.    Berbagai model pecahan mata uang sampai Rp500
METODE
            Metode            : Tanya Jawba, Demonstrasi, Simulasi Ceramah

KEGIATAN PEMBELAJARAN
KEGIATAN
DISKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
KETERANGAN
Pendahaluan
·         Guru ( Murod) membuka pertemuan hari ini dengan salam
·         Guru menanyakan kabar siswa hari ini
·         Guru mengabsensi siswa
·         Guru menerangkan pelajaran hari ini
·         Guru memberikan Ice breaking sebentar sebelum memualai pelajaran

Jam pertama Murod Ihsan Kamal

Jam kedua Islakhul Muttaqin sebagai Guru utama
Inti
Ø  Pada awal pembelajaran, siswa diajak mengamati gambar tentang kegiatan siswa yang sedang berdoa ketika memulai pelajaran dengan teliti  (mengamati).
Ø  Guru  membimbing siswa untuk mengidentifikasi gambar yang  diamati (mengamati).
Ø  Siswa mencoba mengajukan pertanyaan  yang   dianggap penting untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa (menanya).
Ø  Siswa saling menukarkan  pertanyaan  yang   telah dibuat dan menjawab pertanyaan (mengkomunikasikan).
Ø  Siswa   menyampaikan    jawaban    yang     telah   dibuat
Ø  (mengkomunikasikan).
Ø  Siswa yang  lain memberikan tanggapan terhadap jawaban yang  disampaikan siswa yang  tampil (menanya).
Ø  Siswa diajak mengidentifikasi berbagai kegiatan lain  yang dilakukan siswa di  kelas sebelum kegiatan pembelajaran dimulai (mengkomunikasikan).
Ø  Siswa membaca  lancar  berjudul  “Awal   Belajarku”  yang diarahkan pada pengamalan sila  pertama Pancasila (mengumpulkan informasi).
Ø  Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi  teks  tentang sila pertama Pancasila (mengasosiasikan).
Ø  Siswa mengamati  gambar  tentang  sikap  yang    sesuai dengan sila pertama Pancasila (mengamati).
Ø  Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar yang  telah diamati (mengasosiasikan).
Ø  Siswa  menjelaskan   gambar   dengan   bahasa   sendiri berdasarkan  sikap yang   pantas dan tidak pantas ditiru (mengkomunikasikan).
Ø  Siswa dibimbing untuk selalu menjalankan perintah agama dengan tekun.
Ø  Siswa diarahkan pada pengenalan berbagai pecahan uang
Ø  (mengasosiasikan).
Ø  Siswa diajak bertanya jawab tentang berbagai pecahan uang yang  pernah diamati (menanya dan mengasosiasikan).
Ø  Siswa diajak mengamati gambar berbagai pecahan uang pada buku  siswa (mengamati).
Ø  Bertanya jawab tentang pecahan uang yang  ada pada buku siswa (menanya).
Ø  Siswa kemudian menyelesaikan soal-soal tentang pecahan uang yang  disediakan pada kolom  latihan (mengumpulkan informasi).
Ø  Siswa  mengoreksi  jawaban  yang   telah  dibuat  (meng- asosiasikan).
Ø  Siswa yang  lain memberikan tanggapan terhadap jawaban masing-masing siswa (mengkomunikasikan).
Ø  Siswa menyanyikan lagu  “Di Sini Senang di Sana Senang”
Ø  Siswa menyanyikan lagu  “Di Sini Senang di Sana Senang” sambil menggerakkan anggota tubuh sesuai nyanyi (mengumpulkan informasi).
Ø  Siswa membaca  lancar  tentang  “Tugas  Dayu   di  Kelas”
Ø  (mengamati).
Ø  Siswa menyebutkan isi teks tentang “Tugas Dayu  di Kelas”(mengkomunikasikan).
Ø   



Penutup
Ø    Menanyakan kembali sedikit pembelajaran yang sudah dipelajari hari ini sekaligus bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
Ø    Bersama-sama membuat kesimpulan atas pelajaran hari ini
Ø    Melakukan penilaian hasil pelajaran
Ø    Mengajak semua sisiwa berdo’a menurut agama dan kepercayaanya masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
Ø    Guru memberikan nasehat dan memotivasi siswa sebelum pulang


KEPALA SEKOLAH                                                                        GURU KELAS                                 

Sri Sundari                                                                                        Siti Maghfiroh



TEMA                                    : Aku dan Sekolah Ku
SUBTEMA                            : Tugas-tugas Sekolah Ku
PEMBELAJARAN KE       : 3 (Tiga)
WAKTU                                : 5X 35 Menit

KOMPETENSI INTI
1.      Menerima dan menjalankan ajaran agama yang  dianutnya
2.      Memiliki  perilaku jujur,  disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan per-caya  diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan Guru.
3.      Memahami pengetahuan  faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang  jelas dan logis,  da- lam  karya yang  estetis, dalam gerakan yang  mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang  mencerminkan perilaku anak beriman dan be-rakhlak mulia.
MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
o   Mengenal nilai  tukar antar pecahan uang.
o   Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban.
INDIKATOR
o   Menyebutkan berbagai nilai  pecahan uang.
o   Menunjukkan berbagai nilai  pecahan uang.
BAHASA INDONESIA
o   Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan Guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis  yang  dapat diisidengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
o   Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis  yang  dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

INDIKATOR
o   Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
o   Membacakan cerita narasi yang  telah ditulis dengan lafal  dan intonasi yang  jelas.
SBDP
KOMPETENSI DASAR
o   Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
o   Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai dinamika gerak.

INDIKATOR
o   Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
o   Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan menggunakan tempo lambat.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.      Dengan mengikuti gerakan anggota  tubuh, siswa dapat mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak dengan percaya diri.
2.      Dengan mengamati gambar gerakan bermain, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan  menggunakan  tempo  lambat  sesuai  dinamika gerak dengan percaya diri.
3.      Dengan mengamati wacana tentang tugasku hari ini, siswa dapat membaca lancar “Tugasku Hari  Ini” dengan percaya diri.
4.      Dengan membaca wacana tentang tugasku hari ini, siswa dapat menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar dengan percaya diri.
5.      Dengan mengamati berbagai pecahan uang, siswa dapat menyebutkan berbagai nilai pecahan uang dengan percaya diri.
6.      Dengan  menggunakan  berbagai  pecahan  uang,  siswa dapat menunjukkan berbagai nilai  pecahan uang dengan teliti.
MEDIA DAN ALAT PEMBELAJARAN
o   Gambar siswa menyanyi sambil menggerakkan  anggota tubuh.
o   Berbagai pecahan uang.
o   Berbagai gambar pecahan uang.
o   Teks wacana tentang “Tugasku Hari Ini
DAN METODE
Metode      : Tanya Jawba, Diskusi, Ceramah, Demonstrasi, Ekspository

KEGIATAN
DISKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
KETERANGAN
Pendahuluan
·         Guru(Islakhul) mengucapkan salam untuk membuka pertemuan hari ini
·         Guru menanyakan kabar siswanya hari ini
·         Guru mengapsensi pertemuan hari ini
·         Guru menenerangkan agenda pelajaran hari ini


Jam pertama Guru utama Islakhul Muttaqin

Jam kedua Murod Ihsan Kamal
Inti
Ø  Siswa mengamati  gambar  tentang  kegiatan  Dayu   dan temannya dalam bernyanyi sambil bermain dengan teliti (mengamati).
Ø  Siswa  menyebutkan  hal-hal  pokok    dari    gambar  yang diamati (mengasosiasikan).
Ø  Siswa diarahkan mengajukan pertanyaan tentang gambar dengan percaya diri (menanya).
Ø  Siswa diberikan  kesempatan  untuk  saling  menukarkan jawaban yang  telah dibuat dengan teman di sampingnya (mengkomunikasikan).
Ø  Siswa mengamati gambar berbagai kegiatan tentang gerak anggota tubuh (memegang kepala, pundak, lutut, dan kaki) (mengamati).
Ø  Siswa menirukan gerakan bermain sambil bernyanyi sesuai gambar (mengumpulkan informasi).
Ø  Siswa membaca  lancar teks tentang  “Tugasku  Hari   Ini”
Ø  dengan percaya diri (mengamati).
Ø  Siswa menceritakan kembali sesuai dengan isi  teks yang telah dibaca (mengkomunikasikan).
Ø  Siswa diajak  untuk  mengenal  berbagai  pecahan  uang sampai Rp5.000 (mengasosiasikan).
Ø  Siswa  mengerjakan   soal-soal   yang    berkaitan  dengan pecahan uang sampai Rp5.000 (mengasosiasikan).
Ø  Siswa  memeriksa   kebenaran      jawaban   yang     telah dibuat  dan  saling melengkapi dengan  siswa yang   lain (mengasosiasikan).


Penutup
·         Guru  memberikan penghargaan dan penguatan terhadap prestasi  belajar  siswa,  misalnya  dengan  penghargaan verbal  sederhana untuk memotivasi siswa.
·         Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri(mengkomunikasikan).
·         Guru membantu siswa untuk menarik kesimpulan pelajaran hari ini
·         siswa dan Guru menyanyikan lagi sayonara sebelum pulang
·         siswa berdoa untuk mengakhiri pertamuan hari ini
·         Guru memberikan pertanyaan tentang pelajaran hari ini



KEPALA SEKOLAH                                                                        GURU KELAS                                 

Sri Sundari                                                                                        Siti Maghfiroh



BAB II
HASIL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

TEMA                                     : Tugasku Sehari-hari
SUBTEMA                             : Tugasku Sebagai Umat /Beragama
PEMBELAJARAN KE          :  5 (Lima)

Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DISKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
KETERANGAN
HASIL
Pendahuluan
Ø  Mengucapkan salam terlebih dahulu (Assalamu’alaikum Wr.Wb/ Selamat Pagi)
Ø  Mengajak semua siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaanya masing-masing
Ø  Melakukan interaksi dan komunikasi dengan siswa untuk tahap perkenalan sekaligus absensi kehadiran siswa
Ø  Memberikan Ice Breaking kepada siswa sebelum dimulainya pelajaran
Ø  Menginformasikan tema hari ini yang akan dipelajari bersama “TUGASKU SEBAGAI UMAT BERAGAMA”
15 Menit
Jam pertama Guru Utama Islakhul Muttaqin.

Jam kedua Guru Utama Murod Ihsan Kamal.

Saat pertama kali kami masuk kelas dan kemudian wali kelas 2 memberitahu anak-anak bahwa kami akan menggantikan Ibu Guru mengajar hari ini siswa gembira dan bersorak “hore”, setelah perkenalan kami memberikan sedikit permainan berupa “tepuk satu” sebagai pemanasan untuk memulai pelajaran hari ini. Anak-anak bersemangat dan siap untuk belajar karena sudah diberi sedikit pencairan untuk memulai pelajaran dan memperhatikan kami sebagai pemberi materi.
Inti
PPKn
Ø    Mengajak sisiwa untuk bernyanyi “Garuda Pancasila”
Ø    Guru membentuk para siswa dalam lima kelompok
Ø    Guru memberikan gambar dan simbol yang tertera pada “GARUDA PANCASILA”
Ø    Memberikan bimbingan tentang isi pancasila untuk siswa bisa faham dan hafal tentang “PANCASILA”
Ø    Memberikan pengerahan terhadap siswa yang masih belum hafal.
BAHASA INDONESIA
Ø    Guru (Islah) Membimbing siswa untuk mengamati gambar “Beni dan teman-teman bermain bola tangan” dengan cermat
Ø    Guru mengaplikasikan permainan tersebut.
PJOK
Ø    Siswa menanya tentang gambar “ Beni dan teman-teman”
Ø    Siswa Membacakan cerita narasi tentang bermain bola tangan yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang jelas
Ø    Siswa mengidentifikasi berbagai kegiatan yang bisa dilakukan dan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik


70 Menit

-          Saat bernyanyi, anak-anak terlihat senang dan berlomba untuk mengeluarkan suara kerasnya masing-masing, alhasil kelas ramai dengan nyanyian Garuda Pancasila.
-          Ketika kami memberikan simbol Pancasila kepada masing-masing kelompok, kebanyakan siswa belum mengetahui apa yang kami bagikan dan bertanya kepada kami.
-          Kami menyuruh siswa membuka buku paketnya masing-masing (hal.7), setelah melihat Garuda Pancasila dan penjabaran dari sila pertama-sila kelima dibukunya kami menyuruh siswa membaca Pancasila. Setelah siswa selesai membaca Pancasila, kami mengangkat salah satu simbol Pancasila (Banteng) dan menanyakan artinya kepada siswa, siswa menjawabnya sambil melihat buku. Kemudian kami menyuruh mereka menghafalnya selama 2 menit dan menyuruh siswa menutup buku paketnya dan kembali menanyakan salah satu simbol (kali ini Rantai melingkar), begitu seterusnya sambil membimbing siswa yang belum hafal. Alhasil 85% siswa sudah mulai hafal dengan simbol-simbol yang tertera di dada sang Garuda. Setelah itu kami menanyakan kepada mereka tentang simbol bulu-bulu sang Garuda, kebanyakan dari siswa belum mengetahuinya dan kami mulai menjelaskannya dimulai dari bulu leher sampai bulu ekor, dan menjelaskan arti dari “Bhinneka Tunggal Ika” yang di cengkeram erat oleh sang Garuda.
-          Guru menyuruh siswa membuka buku paketnya (hal.9) dan meminta siswa membaca narasi dan menunjuk salah satu siswa membaca narasi di depan teman-teman sekelas, beberapa siswa ada yang malu-malu karena belum lancar membaca dan ada juga beberapa siswa yang mengajukan diri untuk membaca narasi di depan.
Penutup
Ø    Menanyakan kembali sedikit pembelajaran yang sudah dipelajari hari ini sekaligus bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
Ø    Bersama-sama membuat kesimpulan atas pelajaran hari ini
Ø    Melakukan penilaian hasil pelajaran
Ø    Mengajak semua sisiwa berdo’a menurut agama dan kepercayaanya masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran hari ini)
20 Menit

-          Guru menanyakan arti Bhinneka Tunggal Ika, dan arti dari simbol-simbol Pancasila kepada siswa. Siswa menjawabnya dengan serempak.
-          Guru dan murid menyimpulkan pelajaran (guru membimbing murid-murid dalam penyimpulan hasil belajar) yang baru saja disampaikan.
-          Guru memberikan apresiasi dan reward berupa ucapan kepada siswa sebagai penilaian hasil pelajaran.
-          Guru menutup pertemuan hari ini, dan murid-murid berbaris untuk bersalaman kepada kami.




TEMA                                     : Aku dan Sekolah Ku
SUBTEMA                             : Tugas-tugas Sekolah Ku
PEMBELAJARAN KE          :1 (Satu)

Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DISKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
KETERANGAN
HASIL
Pendahaluan
·         Guru ( Murod) membuka pertemuan hari ini dengan salam
·         Guru menanyakan kabar siswa hari ini
·         Guru mengabsensi siswa
·         Guru menerangkan pelajaran hari ini
·         Guru memberikan Ice breaking sebentar sebelum memualai pelajaran
20 Menit
Jam pertama Murod Ihsan Kamal

Jam kedua Islakhul Muttaqin sebagai Guru utama
Seperti hari sebelumnya, siswa gembira (ramai) ketika kami memasuki kelas. Ketika guru menanyakan kabar siswa, siswa mengeluarkan suara kerasnya sambil menjawab “sehat pak”. Kemudian guru memberikan sedikit penjelasan tentang pelajaran yang akan disampaikan tentang “tugas-tugas sekolah ku” dan memberikan permainan (sebagai pemanasan) berupa “permainan tangan dan konsentrasi”.
Inti
Ø  Pada awal pembelajaran, siswa diajak mengamati gambar tentang kegiatan siswa yang sedang berdoa ketika memulai pelajaran dengan teliti  (mengamati).
BAHASA INDONESIA
Ø  Guru  membimbing siswa untuk mengidentifikasi gambar yang  diamati (mengamati).
Ø  Siswa mencoba mengajukan pertanyaan  yang   dianggap penting untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa (menanya).
Ø  Siswa saling menukarkan  pertanyaan  yang   telah dibuat dan menjawab pertanyaan (mengkomunikasikan).
Ø  Siswa   menyampaikan    jawaban    yang     telah   dibuat
Ø  (mengkomunikasikan).
Ø  Siswa yang  lain memberikan tanggapan terhadap jawaban yang  disampaikan siswa yang  tampil (menanya).
SBDB

Ø  Siswa diajak mengidentifikasi berbagai kegiatan lain  yang dilakukan siswa di  kelas sebelum kegiatan pembelajaran dimulai (mengkomunikasikan).
Ø  Siswa membaca  lancar  narasi berjudul  “Awal   Belajarku”  yang diarahkan pada pengamalan sila  pertama Pancasila (mengumpulkan informasi)
PPKN.
Ø  Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi  teks  tentang sila pertama Pancasila (mengasosiasikan).
Ø  Siswa mengamati  gambar  tentang  sikap  yang    sesuai dengan sila pertama Pancasila (mengamati).
Ø  Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar yang  telah diamati (mengasosiasikan).
Ø  Siswa  menjelaskan   gambar   dengan   bahasa   sendiri berdasarkan  sikap yang   pantas dan tidak pantas ditiru (mengkomunikasikan).
Ø  Siswa dibimbing untuk selalu menjalankan perintah agama dengan tekun.
MATEMATIKA
Ø  Siswa diarahkan pada pengenalan berbagai pecahan uang
Ø  (mengasosiasikan).
Ø  Siswa diajak bertanya jawab tentang berbagai pecahan uang yang  pernah diamati (menanya dan mengasosiasikan).
Ø  Siswa diajak mengamati gambar berbagai pecahan uang pada buku  siswa (mengamati).
Ø  Bertanya jawab tentang pecahan uang yang  ada pada buku siswa (menanya).
Ø  Siswa kemudian menyelesaikan soal-soal tentang pecahan uang yang  disediakan pada kolom  latihan (mengumpulkan informasi).
Ø  Siswa  mengoreksi  jawaban  yang   telah  dibuat  (meng- asosiasikan).
SBDB
Ø  Siswa menyanyikan lagu  “Di Sini Senang di Sana Senang”
Ø  Siswa menyanyikan lagu  “Di Sini Senang di Sana Senang” sambil menggerakkan anggota tubuh sesuai nyanyi (mengumpulkan informasi).
BAHASA INDONESIA
Ø  Siswa membaca  lancar  tentang  “Tugas  Dayu   di  Kelas”
Ø  (mengamati).
Ø  Siswa menyebutkan isi teks tentang “Tugas Dayu  di Kelas”(mengkomunikasikan).
60 Menit

-          Guru menyuruh siswa membuka buku paketnya (hal.12), kemudian menjelaskan kegiatan yang sedang dilakukan seseorang pada gambar tersebut dan menyuruh siswa untuk mempraktekkan gambar yang ada pada buku. Ada siswa yang langsung mempraktekkannya, ada siswa yang mengganggu temannya, dan guru membimbing mereka yang mengganggu temannya.
-          Siswa menyakan do’a apa yang harus di ucapkan ketika memulai suatu pelajaran, kemudian guru mencoba menyakannya kembali kepada siswa, ada yang menjawab “bismillah” ada juga yang menjawab “membaca surat al-fatihah) kemudian guru menjelaskannya dan menyuruh siswa untuk mengucapkan do’a tersebut.
-          Guru menanyakan kepada siswa tentang kegiatan sebelum melaksanakan pelajaran, ada yang menjawab berbaris dahulu, duduk rapi, dan ada juga yang menjawab cuci tangan dahulu. Kemudian Guru meluruskan tanggapan siswa.
-          Guru menyuruh siswa membaca narasi dengan serempak dan kemudian menyuruh salah satu siswa untuk membaca satu paragraf dan salah satu siswa yang lain ditunjuk guru untuk melanjutkannya. Begitu seterusnya sampai narasi tersebut selesai.
-          Guru menyuruh siswa untuk mengisi soal yang ada di buku paketnya (hal.13) setelah membaca narasi (rangkaian jawaban yang menjadi cerita). Siswa terlihat kesulitan untuk mengerjakannya, dan kedua guru membimbing mereka dalam mengisi soal (mengarahkan).
-          Guru menyuruh salah satu murid (bergantian) untuk menjelaskan dengan bahasanya sendiri tentang contoh perilaku yang tertera pada gambar (hal.15). sebagian murid ada yang malu-malu untuk berdiri di depan teman-temannya dan ada juga murid yang maju tanpa disuruh oleh guru.
-          Guru menjelaskan perbuatan baik dan perbuatan buruk kepada siswa, dan mengajak siswa untuk selalu berbuat benar karena perbuatan buruk akan mengakibatkan kerugian kepada diri sendiri dan kepada lingkungan (menjelaskan kepada siswa). Beberapa siswa mendengarkan dan ada beberapa yang masih mengganggu teman-temannya, guru kedua mengondisikan.
-          Guru menunjukkan uang kepingan Rp. 100, Rp. 200, Rp. 500, dan Rp. 1000 kepada siswa dan menanyakan nilai rupiah (guru mengangkat uang Rp. 200 dan Rp. 100) kemudian siswa menjawab “dua ratus rupiah dan tiga ratus rupiah pak” kemudian guru menyuruh siswa menambahkan nilai uang tersebut (200+100=300). Begitu seterusnya.
-          Guru menyuruh siswa untuk mengisi pertanyaan yang ada di buku paketnya (menuliskan nilai pecahan rupiah dari angka ke huruf) dan menyuruhnya untuk mengumpulkan di depan untuk dinilai. Mengembalikan buku kepada siswa jika ada jawaban yang kurang tepat, dan menyuruhnya untuk memperbaiki.
-          Selagi guru utama menilai jawaban siswa,  guru kedua mengajak siswa untuk bernyanyi agar tidak ada siswa yang mondar-mandir atau main-main sambil menunggu bukunya selesai diberi nilai oleh guru. Guru kedua meminta beberapa siswa untuk maju ke depan dan memperagakan lagu “disini senang disana senang” sesuai intruksi guru kedua.
-          Setelah Guru utama selesai memberikan nilai, guru menyuruh siswa membaca teks pada buku (hal.17) dan menyuruh beberapa murid untuk membaca ulang teks setelah dibaca bersama. Dan siswa yang lain diperhatikan guru kedua untuk mendengarkan.
Penutup
Ø    Menanyakan kembali sedikit pembelajaran yang sudah dipelajari hari ini sekaligus bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
Ø    Bersama-sama membuat kesimpulan atas pelajaran hari ini
Ø    Melakukan penilaian hasil pelajaran
Ø    Mengajak semua sisiwa berdo’a menurut agama dan kepercayaanya masing-masing (untuk mengakhiri kegiatan
Ø    Guru memberikan nasehat dan memotivasi siswa sebelum pulang
25 Menit

-          Guru menanyakan kegiatan apa yang harus dilakukan sebelum memulai pelajaran(mengulang), murid menjawab dan beberapa murid mengikuti temannya yang sudah tahu.
-          Guru dan murid menyimpulkan pelajaran (guru membimbing murid-murid dalam penyimpulan hasil belajar) yang baru saja disampaikan.
-          Guru memberikan apresiasi dan reward berupa ucapan kepada siswa sebagai penilaian hasil pelajaran.
-          Ketika Guru memberikan motivasi, beberapa murid terutama murid laki-laki sudah tidak bisa mendengarkan karena sudah ingin pulang (kurang kondusif).
-          Guru menutup pertemuan hari ini, dan murid-murid berbaris untuk bersalaman kepada kami.




TEMA                                     : Aku dan Sekolah Ku
SUBTEMA                             : Tugas-tugas Sekolah Ku
PEMBELAJARAN KE          : 3 (Tiga)

Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
DISKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
KETARANGAN
HASIL
Pendahuluan
·         Guru(Islakhul) mengucapkan salam untuk membuka pertemuan hari ini
·         Guru menanyakan kabar siswanya hari ini
·         Guru mengabsensi pertemuan hari ini
·         Guru menenerangkan agenda pelajaran hari ini
20 Menit
Jam pertama Guru Utama Islakhul Muttaqin.

Jam kedua Guru Utama Murod Ihsan Kamal.

-          Siswa menjawab salam dengan suara yang keras tak serempak. Ketika absensi suasana kelas tidak kondusif (gaduh) karena siswa berlomba menjawab “hadir” dengan suara keras, terutama murid laki-laki. Ada siswa yang masih bermain dengan temannya ketika guru utama menerangkan agenda pelajaran, dan guru kedua menegurnya.
-          Setelah suasana kondusif guru utama menerangkan pelajaran hari ini dan meminta siswa mengeluarkan bukunya di bantu dengan guru pendamping

Inti
SBDB
Ø  Siswa mengamati  gambar  tentang  kegiatan  Dayu   dan temannya dalam bernyanyi sambil bermain dengan teliti (mengamati).
Ø  Siswa  menyebutkan  hal-hal  pokok    dari    gambar  yang diamati (mengasosiasikan).
Ø  Siswa diarahkan mengajukan pertanyaan tentang gambar dengan percaya diri (menanya).
Ø  Siswa diberikan  kesempatan  untuk  saling  menukarkan jawaban yang  telah dibuat dengan teman di sampingnya (mengkomunikasikan).
Ø  Siswa mengamati gambar berbagai kegiatan tentang gerak anggota tubuh (memegang kepala, pundak, lutut, dan kaki) (mengamati).
Ø  Siswa menirukan gerakan bermain sambil bernyanyi sesuai gambar (mengumpulkan informasi).
BAHASA INDONESIA
Ø  Siswa membaca  lancar teks tentang  “Tugasku  Hari   Ini”dengan percaya diri (mengamati).
Ø  Siswa menceritakan kembali sesuai dengan isi  teks yang telah dibaca (mengkomunikasikan)
MATEMATIKA.
Ø  Siswa diajak  untuk  mengenal  berbagai  pecahan  uang sampai Rp5.000 (mengasosiasikan).
Ø  Siswa  mengerjakan   soal-soal   yang    berkaitan  dengan pecahan uang sampai Rp5.000 (mengasosiasikan).
Ø  Siswa  memeriksa   kebenaran      jawaban   yang     telah dibuat  dan  saling melengkapi dengan  siswa yang   lain (mengasosiasikan).
60 Menit

-          Guru menyuruh siswa untuk membuka buku paketnya (hal. 23), dan menyuruh siswa untuk mengamati gambar pada halaman tersebut. Dan guru kedua membimbing siswa yang masih bercanda dengan teman sebangkunya.
-          Ketika guru meminta siswa untuk bertanya, para siswa bertanya serempak dengan pertanyaan yang berbeda-beda. Dan guru utama menunjuk satu orang siswa untuk bertanya, kemudian siswa yang lainnya ditunjuk untuk bergantian bertanya setelah dijawab guru.
-          Guru mengajak siswa untuk bernyanyi “kepala pundak lutut kaki” sambil memperagakannya di depan dan meminta beberapa siswa maju kedepan. Ketika bernyanyi, guru mencoba melatih konsentrasi siswa dengan menyebutkan pundak namun memegang kepala. Banyak siswa yang terjebak, sampai beberapa kali diulang (dengan opsi yang berbeda) hanya sebagian (3-5 siswa) yang masih tidak berkonsentrasi.
-          Guru utama meminta salah satu siswa untuk membaca teks dan siswa yang lain mendengarkan, guru kedua mengkondisikan agar siswa yang lain mendengarkan.
-           Guru utama mengeluarkan uang lembaran (Rp. 2000 dan Rp. 5000) dari dompetnya dan memperlihatkannya kepada siswa, ada yang spontan menjawab dan ada yang masih bengong ketika guru utama meminta siswa untuk menjumlahkan nilai dari kedua uang lembar tersebut.
-          Guru menyuruh siswa mengisi soal tentang uang di buku paketnya (hal.25) dan meminta meraka untuk mengumpulkan ke depan jika sudah selesai untuk dinilai oleh guru utama, dan guru kedua mengkondisikan kelas supaya tidak gaduh dan membimbing siswa yang masih belum benar mengisi jawaban.
Penutup
·         Guru  memberikan penghargaan dan penguatan terhadap prestasi  belajar  siswa,  misalnya  dengan  penghargaan verbal  sederhana untuk memotivasi siswa.
·         Guru memberikan pertanyaan tentang pelajaran hari ini
·         Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri(mengkomunikasikan).
·         Guru membantu siswa untuk menarik kesimpulan pelajaran hari ini
·         Siswa dan Guru menyanyikan lagi sayonara sebelum pulang
·         Siswa berdoa untuk mengakhiri pertamuan hari ini
25 Menit

-          Guru memberikan reward berupa ucapan kepada siswa, dan siswa bersorak “hore” ada juga yang mengucap “alhamdulillah”.
-          Ketika guru utama memberikan motivasi kepada siswa, kebanyakan siswa memasukkan buku dan alat tulisnya ke dalam tas, namun ada juga yang sudah berlari ke pintu untuk pulang, guru kedua memintanya untuk duduk kembali dan mendengarkan motivasi dari guru utama.
-          Ketika bernyanyi sayonara, siswa bersuara dengan keras dan keadaan kelas ramai. Ada yang bernyanyi sambil berdiri, sambil lari (siswa sudah tidak sabar untu pulang karena guru sudah melewati jadwal pembelajaran).
-          Guru menutup pertemuan hari ini, dan murid-murid berbaris sambil berdesakan untuk bersalaman kepada kami.



No comments:

Post a Comment

komunikasi
email: choirulalfa77@gmail.com

MAKALAH AKUNTANSI KEPERILAKUAN. Yuk kepoin

COVER MAKALAH AKUNTANSI KEPERILAKUAN PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SEMARANG 2019 KATA...

Choirulalfa.blogspot.com