BABI
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
TEMA : Tugasku
Sehari-hari
SUBTEMA : Tugasku Sebagai
Umat Beragama
PEMBELAJARAN
KE :
5 (Lima)
WAKTU : 5X 35 Menit
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima dan menjalankan
ajaran agama yang dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman dan Guru
3.
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan
benda-benda yang dijumpainya di rumah dan sekolah
4.
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
A. PJOK
KOMPETENSI
DASAR
3.10 Mengetahui apa yang
dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10Mencer itakan tentang
apa yang dilakukan dan dihindari sebelum dan setelah melakukan aktivitas fisik.
INDIKATOR
3.10.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa
dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
3.10.2 Mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan
setelah melakukan aktivitas fisik.
3.10.3
Mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10.1
Menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik.
4.10.2
Menceritakan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik.
PPKn
B. PPKN
KOMPETENSI DASAR
3.1 mengenal simbol –simbol pancasila dalam lambang negara
“garuda pancasila”
3.2 Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan
sekolah dan mengaitkanya terhadap beberapa simbol pancasila
INDIKATOR
3.1.9 Menunjukan
contoh perilaku disekolah yang sesuai dengan makna simbol dan sila pertama
pancasila dalam lambang negara garuda pancasila
4.1.6Berprerilaku
disekolah sesuai makna simbol sila pertama pancasila dalam lambang negara
garuda pancasila
C.
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI
DASAR
3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain
di lingkungan dengan bantuan Guru atau teman dalam bahasa indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman
4.2Mengamati dan menceritakan perilaku disekitar rumah dan
sekolah dan mengaitkanya dengan pengalamanya terhadap beberapa simbol sila
pancasila
INDIKATOR
3.2.2
Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar
4.2
Membacakan cerita narasi yang telah ditulis dengan lafal dan intonasi yang
jelas
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
1.
Dengan mengamati media
gambar, siswa dapat mengelompokkan kegiatan yang boleh dilakukan setelah
melakukan aktivitas fisik dengan cermat.
2.
Dengan memperhatikan gambar,
siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan yang biasa dilakukan setelah
melakukan aktivitas fisik dengan cermat.
3.
Dengan mengetahui kegiatan
yang biasa dilakukan setelah melakukan aktivitas fisik, siswadapat
mengelompokkan kegiatan yang perlu dihindari setelah melakukan aktivitas
fisikdengan cermat.
4.
Dengan memperhatikan gambar,
siswa dapat menceritakan kegiatan yang boleh dilakukan setelah melakukan
aktivitas fisik dengan percaya diri.
5.
Dengan memperhatikan gambar,
siswa dapat menceritakan kegiatan yang perlu dihindarisetelah melakukan
aktivitas fisik dengan percaya diri.
6.
Dengan menanya teman, siswa
dapat mencatat dokumen keluarga yang dimiliki temannyadengan disiplin.
7.
Dengan catatan dokumen
keluarga, siswa dapat menceritakan isi dokumen milik keluargadengan percaya
diri.
8.
Dengan dokumen keluarga yang
telah dibacakan, siswa dapat mencatat dokumen temanyang berbeda dengan cermat.
9.
Dengan catatan harian yang
telah dibacakan di rumah, siswa dapat membacakan kembaliteks buku harian
dokumen milik keluarga yang telah ditulis dengan cermat.
10. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan manfaat
dipatuhinya aturan dalamkehidupan sehari-hari di rumah dengan percaya diri.
11. Dengan diskusi kelompok, siswa dapat mengelompokkan dokumen
teman berdasarkandokumen pribadi dan dokumen keluarga dengan percaya diri.
MEDIA dan ALAT
PEMBELAJARAN:
o Gambar bermain bola tangan
o Bola plastik
o Gambar simbol dan lambang Garuda Pancasila
o Buku siswa
PENDEKATAN DAN METODE
Strategi : Cooperative Learning
Metode : Tanya Jawba, Diskusi dan Ceramah
KEGITAN
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KETERANGAN
|
Pendahuluan
|
Ø Mengucapkan
salam terlebih dahulu (Assalamu’alaikum Wr.Wb/ Selamat Pagi)
Ø Mengajak semua
sisiwa berdo’a menurut agama dan kepercayaanya masing-masing
Ø Melakukan
interaksi dan komunikasi dengan sisiwa untuk tahp perkenalan sekaligus
absensi kehadiran siswa
Ø Memberikan Ice
Breaking kepada siswa sebelum dimulainya pelajaran
Ø Menginformasikan
tema hari ini yang akan dipelajari bersama “TUGASKU SEBAGAI UMAT BERAGAMA”
|
|
Jam pertama Guru
Utama Islakhul Muttaqin.
Jam kedua Guru
Utama Murod Ihsan Kamal.
|
Inti
|
Ø Mengajak sisiwa
untuk bernyanyi “Garuda Pancasila”
Ø Guru membentuk
para siswa dalam lima kelompok
Ø Guru memberikan
gambar dan simbol yang tertera pada “GARUDA PANCASILA”
Ø Memberikan
bimbingan tentang isi pancasila untuk siswa bisa faham dan hafal tentang
“PANCASILA”
Ø Memberikan
pengerahan terhadap siswa yang masih belum hafal.
Ø Guru (Islah)
Membimbing siswa untuk mengamati gambar “Beni dan teman-teman bermain bola
tangan” dengan cermat
Ø Guru
mengaplikasikan permainan tersebut.
Ø Siswa menanya
tentang gambar “ Beni dan teman-teman”
Ø Siswa Membacakan
cerita narasi tentang bermain bola tangan yang telah ditulis dengan lafal dan
intonasi yang jelas
Ø Siswa
mengidentifikasi berbagai kegiatan yang bisa dilakukan dan kegiatan yang
perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik
|
|
|
Penutup
|
Ø Menanyakan
kembali sedikit pembelajaran yang sudah dipelajari hari ini sekaligus
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
Ø Bersama-sama
membuat kesimpulan atas pelajaran hari ini
Ø Melakukan
penilaian hasil pelajaran
Ø Mengajak semua
sisiwa berdo’a menurut agama dan kepercayaanya masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran hari ini)
Ø
|
|
|
KEPALA SEKOLAH GURU
KELAS
Sri
Sundari Siti
Maghfiroh
TEMA : Aku dan
Sekolah Ku
SUBTEMA :
Tugas-tugas Sekolah Ku
PEMBELAJARAN KE :1
(Satu)
WAKTU : 5X 35 Menit
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
per-caya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan Guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, da- lam karya yang
estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
be-rakhlak mulia.
A.
MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
o
Mengenal nilai tukarantar pecahan
uang.
o
Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai
kemungkinan jawaban.
INDIKATOR
o
Menyebutkan berbagai nilai pecahan
uang.
o
Menunjukkan berbagai nilai pecahan
uang.
B.
PPKn
KOMPETENSI DASAR
o
Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda
Pancasila”.
o
Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar
rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa
simbol sila Pancasila.
INDIKATOR
Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang
sesuai dengan makna simbol dari
sila pertama Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila.
Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol
dari sila pertama Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila.
C.
BAHASA INDONESIA
KOMPETENSI DASAR
o
Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan
dengan bantuan Guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
o
Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di
lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang
dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
INDIKATOR
o
Mengidentifikasi berbagai kegiatan di
lingkungan sekitar.
o
Menulis cerita narasi sederhana tentang
kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.
D.
SBDB
KOMPETENSI
DASAR
o
Memahami
gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
o
Menirukan
gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan
dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.
INDIKATOR
o
Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak
dalam kehidupan sehari- hari.
o
Menirukan gerakan bermain melalui gerakan
kepala, tangan, kaki,dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau
media yang lain.
TUJUAN
PEMBELAJARAN:
1.
Dengan
mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat
mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar dengan teliti.
2.
Dengan
mengamati gambar siswa berjejer masuk
kelas dan berdoa, siswa dapat mengajukan pertanyaan sesuai gambar dengan
percaya diri.
3.
Dengan
mengamati gambar siswa berjejer masuk
kelas dan berdoa, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang
sesuai dengan makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara
Garuda Pancasila dengan teliti.
4.
Dengan
mengamati gambar siswa yang berdoa dengan khidmat, siswa dapat
berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari
sila pertama Pancasila dalam
lambang negara Garuda Pancasila dengan teliti.
5.
Dengan
mengamati gambar berbagai pecahan mata uang, siswa dapat menyebutkan berbagai nilai pecahan mata uang dengan teliti.
6.
Dengan
mengamati berbagai pecahan mata uang, siswa dapat menunjukkan berbagai nilai pecahan mata uang dengan teliti.
7.
Dengan
mengikuti gerakan pada lagu “Di
Sini Senang di Sana Senang”,
siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam
kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
8.
Dengan
mengamati gambar bentuk gerak anggota tubuh, siswa dapat menirukan gerakan
bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan dengan percaya diri.
9.
Dengan
tanya jawab tentang tugas-tugas di kelas, siswa dapat menulis cerita narasi
sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan teliti.
MEDIA
DAN ALAT PEMBELAJARAN
1. Gambar berbagai
kegiatan di kelas.
2. Gambar
perilaku sesuai simbol sila pertama Pancasila.
3. Berbagai
model pecahan mata uang sampai Rp500
METODE
Metode : Tanya Jawba, Demonstrasi, Simulasi
Ceramah
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KETERANGAN
|
Pendahaluan
|
·
Guru ( Murod) membuka pertemuan hari ini dengan
salam
·
Guru menanyakan kabar siswa hari ini
·
Guru mengabsensi siswa
·
Guru menerangkan pelajaran hari ini
·
Guru memberikan Ice breaking sebentar sebelum
memualai pelajaran
|
|
Jam pertama
Murod Ihsan Kamal
Jam kedua
Islakhul Muttaqin sebagai Guru utama
|
Inti
|
Ø Pada awal
pembelajaran, siswa diajak mengamati gambar tentang kegiatan siswa yang
sedang berdoa ketika memulai pelajaran dengan teliti (mengamati).
Ø Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi
gambar yang diamati (mengamati).
Ø Siswa mencoba
mengajukan pertanyaan yang dianggap penting untuk membangkitkan rasa
ingin tahu siswa (menanya).
Ø Siswa saling menukarkan pertanyaan
yang telah dibuat dan menjawab
pertanyaan (mengkomunikasikan).
Ø Siswa menyampaikan jawaban
yang telah dibuat
Ø (mengkomunikasikan).
Ø Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban
yang disampaikan siswa yang tampil (menanya).
Ø Siswa diajak
mengidentifikasi berbagai kegiatan lain
yang dilakukan siswa di kelas
sebelum kegiatan pembelajaran dimulai (mengkomunikasikan).
Ø Siswa
membaca lancar berjudul
“Awal Belajarku” yang diarahkan pada pengamalan sila pertama Pancasila (mengumpulkan informasi).
Ø Siswa menjawab
pertanyaan sesuai isi teks tentang sila pertama Pancasila
(mengasosiasikan).
Ø Siswa
mengamati gambar tentang
sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila
(mengamati).
Ø Siswa menjawab
pertanyaan tentang gambar yang telah
diamati (mengasosiasikan).
Ø Siswa menjelaskan gambar
dengan bahasa sendiri berdasarkan sikap yang
pantas dan tidak pantas ditiru (mengkomunikasikan).
Ø Siswa dibimbing
untuk selalu menjalankan perintah agama dengan tekun.
Ø Siswa diarahkan
pada pengenalan berbagai pecahan uang
Ø (mengasosiasikan).
Ø Siswa diajak
bertanya jawab tentang berbagai pecahan uang yang pernah diamati (menanya dan
mengasosiasikan).
Ø Siswa diajak
mengamati gambar berbagai pecahan uang pada buku siswa (mengamati).
Ø Bertanya jawab
tentang pecahan uang yang ada pada
buku siswa (menanya).
Ø Siswa kemudian
menyelesaikan soal-soal tentang pecahan uang yang disediakan pada kolom latihan (mengumpulkan informasi).
Ø Siswa mengoreksi
jawaban yang telah
dibuat (meng- asosiasikan).
Ø Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban
masing-masing siswa (mengkomunikasikan).
Ø Siswa
menyanyikan lagu “Di Sini Senang di
Sana Senang”
Ø Siswa
menyanyikan lagu “Di Sini Senang di
Sana Senang” sambil menggerakkan anggota tubuh sesuai nyanyi (mengumpulkan
informasi).
Ø Siswa
membaca lancar tentang
“Tugas Dayu di
Kelas”
Ø (mengamati).
Ø Siswa
menyebutkan isi teks tentang “Tugas Dayu
di Kelas”(mengkomunikasikan).
Ø
|
|
|
Penutup
|
Ø Menanyakan
kembali sedikit pembelajaran yang sudah dipelajari hari ini sekaligus
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
Ø Bersama-sama
membuat kesimpulan atas pelajaran hari ini
Ø Melakukan
penilaian hasil pelajaran
Ø Mengajak semua
sisiwa berdo’a menurut agama dan kepercayaanya masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan
Ø Guru memberikan
nasehat dan memotivasi siswa sebelum pulang
|
|
|
KEPALA SEKOLAH GURU
KELAS
Sri
Sundari Siti
Maghfiroh
TEMA : Aku dan
Sekolah Ku
SUBTEMA : Tugas-tugas
Sekolah Ku
PEMBELAJARAN KE :
3 (Tiga)
WAKTU : 5X 35 Menit
KOMPETENSI
INTI
1.
Menerima
dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya
2.
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan
per-caya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, dan Guru.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara
mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu
tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah dan di sekolah
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis, da- lam karya yang
estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan
be-rakhlak mulia.
MATEMATIKA
KOMPETENSI DASAR
o
Mengenal nilai tukar antar pecahan
uang.
o
Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai
kemungkinan jawaban.
INDIKATOR
o
Menyebutkan berbagai nilai pecahan
uang.
o
Menunjukkan berbagai nilai pecahan
uang.
BAHASA INDONESIA
o Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di
lingkungan dengan bantuan Guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisidengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu pemahaman
o Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan
bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah
untuk membantu penyajian.
INDIKATOR
o Menceritakan berbagai jenis kegiatan di lingkungan sekitar.
o Membacakan cerita narasi yang
telah ditulis dengan lafal dan
intonasi yang jelas.
SBDP
KOMPETENSI DASAR
o Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
o Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala,
tangan, kaki, dan badan menggunakan tempo lambat, sedang, dan cepat sesuai
dinamika gerak.
INDIKATOR
o Mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak.
o Menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota tubuh dengan
menggunakan tempo lambat.
TUJUAN PEMBELAJARAN:
1.
Dengan mengikuti gerakan
anggota tubuh, siswa dapat
mengelompokkan berbagai gerak dengan memperhatikan tempo gerak dengan percaya
diri.
2.
Dengan mengamati gambar
gerakan bermain, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerak anggota
tubuh dengan menggunakan tempo
lambat sesuai dinamika gerak dengan percaya diri.
3.
Dengan mengamati wacana
tentang tugasku hari ini, siswa dapat membaca lancar “Tugasku Hari Ini” dengan percaya diri.
4.
Dengan membaca wacana tentang
tugasku hari ini, siswa dapat menceritakan berbagai jenis kegiatan di
lingkungan sekitar dengan percaya diri.
5.
Dengan mengamati berbagai
pecahan uang, siswa dapat menyebutkan berbagai nilai pecahan uang dengan
percaya diri.
6.
Dengan menggunakan
berbagai pecahan uang,
siswa dapat menunjukkan berbagai nilai
pecahan uang dengan teliti.
MEDIA DAN ALAT
PEMBELAJARAN
o Gambar siswa menyanyi sambil menggerakkan anggota tubuh.
o Berbagai pecahan uang.
o Berbagai gambar pecahan uang.
o Teks wacana tentang “Tugasku Hari Ini
DAN METODE
Metode :
Tanya Jawba, Diskusi, Ceramah, Demonstrasi, Ekspository
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KETERANGAN
|
Pendahuluan
|
·
Guru(Islakhul) mengucapkan salam untuk membuka
pertemuan hari ini
·
Guru menanyakan kabar siswanya hari ini
·
Guru mengapsensi pertemuan hari ini
·
Guru menenerangkan agenda pelajaran hari ini
|
|
Jam pertama Guru
utama Islakhul Muttaqin
Jam kedua Murod Ihsan
Kamal
|
Inti
|
Ø Siswa
mengamati gambar tentang
kegiatan Dayu dan temannya dalam bernyanyi sambil
bermain dengan teliti (mengamati).
Ø Siswa menyebutkan
hal-hal pokok dari
gambar yang diamati
(mengasosiasikan).
Ø Siswa diarahkan
mengajukan pertanyaan tentang gambar dengan percaya diri (menanya).
Ø Siswa
diberikan kesempatan untuk
saling menukarkan jawaban
yang telah dibuat dengan teman di
sampingnya (mengkomunikasikan).
Ø Siswa mengamati
gambar berbagai kegiatan tentang gerak anggota tubuh (memegang kepala, pundak,
lutut, dan kaki) (mengamati).
Ø Siswa menirukan
gerakan bermain sambil bernyanyi sesuai gambar (mengumpulkan informasi).
Ø Siswa
membaca lancar teks tentang “Tugasku
Hari Ini”
Ø dengan percaya
diri (mengamati).
Ø Siswa
menceritakan kembali sesuai dengan isi
teks yang telah dibaca (mengkomunikasikan).
Ø Siswa
diajak untuk mengenal
berbagai pecahan uang sampai Rp5.000 (mengasosiasikan).
Ø Siswa mengerjakan soal-soal
yang berkaitan dengan pecahan uang sampai Rp5.000
(mengasosiasikan).
Ø Siswa memeriksa
kebenaran jawaban yang
telah dibuat dan saling melengkapi dengan siswa yang
lain (mengasosiasikan).
|
|
|
Penutup
|
·
Guru
memberikan penghargaan dan penguatan terhadap prestasi belajar
siswa, misalnya dengan
penghargaan verbal sederhana
untuk memotivasi siswa.
·
Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa
sendiri(mengkomunikasikan).
·
Guru membantu siswa untuk menarik kesimpulan
pelajaran hari ini
·
siswa dan Guru menyanyikan lagi sayonara sebelum
pulang
·
siswa berdoa untuk mengakhiri pertamuan hari ini
·
Guru memberikan pertanyaan tentang pelajaran hari
ini
|
|
|
KEPALA SEKOLAH GURU
KELAS
Sri Sundari Siti
Maghfiroh
BAB II
HASIL PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMA : Tugasku Sehari-hari
SUBTEMA :
Tugasku Sebagai Umat /Beragama
PEMBELAJARAN KE : 5 (Lima)
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KETERANGAN
|
HASIL
|
Pendahuluan
|
Ø Mengucapkan
salam terlebih dahulu (Assalamu’alaikum Wr.Wb/ Selamat Pagi)
Ø Mengajak semua
siswa berdo’a menurut agama dan kepercayaanya masing-masing
Ø Melakukan interaksi
dan komunikasi dengan siswa untuk tahap perkenalan
sekaligus absensi kehadiran siswa
Ø Memberikan Ice
Breaking kepada siswa sebelum dimulainya pelajaran
Ø Menginformasikan
tema hari ini yang akan dipelajari bersama “TUGASKU SEBAGAI UMAT BERAGAMA”
|
15 Menit
|
Jam pertama Guru
Utama Islakhul Muttaqin.
Jam kedua Guru
Utama Murod Ihsan Kamal.
|
Saat pertama kali kami masuk kelas dan kemudian wali
kelas 2 memberitahu anak-anak bahwa kami akan menggantikan Ibu Guru mengajar
hari ini siswa gembira dan bersorak “hore”, setelah perkenalan kami
memberikan sedikit permainan berupa “tepuk satu” sebagai pemanasan untuk
memulai pelajaran hari ini. Anak-anak bersemangat dan siap untuk belajar karena
sudah diberi sedikit pencairan untuk memulai pelajaran dan memperhatikan kami
sebagai pemberi materi.
|
Inti
|
PPKn
Ø Mengajak sisiwa
untuk bernyanyi “Garuda Pancasila”
Ø Guru membentuk
para siswa dalam lima kelompok
Ø Guru memberikan
gambar dan simbol yang tertera pada “GARUDA PANCASILA”
Ø Memberikan
bimbingan tentang isi pancasila untuk siswa bisa faham dan hafal tentang
“PANCASILA”
Ø Memberikan
pengerahan terhadap siswa yang masih belum hafal.
BAHASA INDONESIA
Ø Guru (Islah)
Membimbing siswa untuk mengamati gambar “Beni dan teman-teman bermain bola
tangan” dengan cermat
Ø Guru
mengaplikasikan permainan tersebut.
PJOK
Ø Siswa menanya
tentang gambar “ Beni dan teman-teman”
Ø Siswa Membacakan
cerita narasi tentang bermain bola tangan yang telah ditulis dengan lafal dan
intonasi yang jelas
Ø Siswa
mengidentifikasi berbagai kegiatan yang bisa dilakukan dan kegiatan yang
perlu dihindari setelah melakukan aktivitas fisik
|
70 Menit
|
|
-
Saat bernyanyi,
anak-anak terlihat senang dan berlomba untuk mengeluarkan suara kerasnya
masing-masing, alhasil kelas ramai dengan nyanyian Garuda Pancasila.
-
Ketika kami
memberikan simbol Pancasila kepada masing-masing kelompok, kebanyakan siswa
belum mengetahui apa yang kami bagikan dan bertanya kepada kami.
-
Kami menyuruh siswa
membuka buku paketnya masing-masing (hal.7), setelah melihat Garuda Pancasila
dan penjabaran dari sila pertama-sila kelima dibukunya kami menyuruh siswa
membaca Pancasila. Setelah siswa selesai membaca Pancasila, kami mengangkat
salah satu simbol Pancasila (Banteng) dan menanyakan artinya kepada siswa,
siswa menjawabnya sambil melihat buku. Kemudian kami menyuruh mereka
menghafalnya selama 2 menit dan menyuruh siswa menutup buku paketnya dan
kembali menanyakan salah satu simbol (kali ini Rantai melingkar), begitu
seterusnya sambil membimbing siswa yang belum hafal. Alhasil 85% siswa sudah
mulai hafal dengan simbol-simbol yang tertera di dada sang Garuda. Setelah
itu kami menanyakan kepada mereka tentang simbol bulu-bulu sang Garuda,
kebanyakan dari siswa belum mengetahuinya dan kami mulai menjelaskannya
dimulai dari bulu leher sampai bulu ekor, dan menjelaskan arti dari “Bhinneka
Tunggal Ika” yang di cengkeram erat oleh sang Garuda.
-
Guru menyuruh siswa
membuka buku paketnya (hal.9) dan meminta siswa membaca narasi dan menunjuk
salah satu siswa membaca narasi di depan teman-teman sekelas, beberapa siswa
ada yang malu-malu karena belum lancar membaca dan ada juga beberapa siswa
yang mengajukan diri untuk membaca narasi di depan.
|
Penutup
|
Ø Menanyakan
kembali sedikit pembelajaran yang sudah dipelajari hari ini sekaligus
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
Ø Bersama-sama
membuat kesimpulan atas pelajaran hari ini
Ø Melakukan
penilaian hasil pelajaran
Ø Mengajak semua
sisiwa berdo’a menurut agama dan kepercayaanya masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan pembelajaran hari ini)
|
20 Menit
|
|
-
Guru menanyakan
arti Bhinneka Tunggal Ika, dan arti dari simbol-simbol Pancasila kepada
siswa. Siswa menjawabnya dengan serempak.
-
Guru dan murid
menyimpulkan pelajaran (guru membimbing murid-murid dalam penyimpulan hasil
belajar) yang baru saja disampaikan.
-
Guru memberikan
apresiasi dan reward berupa ucapan kepada siswa sebagai penilaian hasil
pelajaran.
-
Guru menutup
pertemuan hari ini, dan murid-murid berbaris untuk bersalaman kepada kami.
|
TEMA : Aku dan Sekolah Ku
SUBTEMA :
Tugas-tugas Sekolah Ku
PEMBELAJARAN KE :1
(Satu)
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KETERANGAN
|
HASIL
|
Pendahaluan
|
·
Guru ( Murod) membuka pertemuan hari ini dengan
salam
·
Guru menanyakan kabar siswa hari ini
·
Guru mengabsensi siswa
·
Guru menerangkan pelajaran hari ini
·
Guru memberikan Ice breaking sebentar sebelum
memualai pelajaran
|
20 Menit
|
Jam pertama
Murod Ihsan Kamal
Jam kedua
Islakhul Muttaqin sebagai Guru utama
|
Seperti hari sebelumnya, siswa gembira (ramai) ketika
kami memasuki kelas. Ketika guru menanyakan kabar siswa, siswa mengeluarkan
suara kerasnya sambil menjawab “sehat pak”. Kemudian guru memberikan sedikit
penjelasan tentang pelajaran yang akan disampaikan tentang “tugas-tugas
sekolah ku” dan memberikan permainan (sebagai pemanasan) berupa “permainan
tangan dan konsentrasi”.
|
Inti
|
Ø Pada awal
pembelajaran, siswa diajak mengamati gambar tentang kegiatan siswa yang
sedang berdo’a
ketika memulai pelajaran dengan teliti
(mengamati).
BAHASA INDONESIA
Ø Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi
gambar yang diamati (mengamati).
Ø Siswa mencoba
mengajukan pertanyaan yang dianggap penting untuk membangkitkan rasa
ingin tahu siswa (menanya).
Ø Siswa saling
menukarkan pertanyaan yang
telah dibuat dan menjawab pertanyaan (mengkomunikasikan).
Ø Siswa menyampaikan jawaban
yang telah dibuat
Ø (mengkomunikasikan).
Ø Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban
yang disampaikan siswa yang tampil (menanya).
SBDB
Ø Siswa diajak
mengidentifikasi berbagai kegiatan lain
yang dilakukan siswa di kelas
sebelum kegiatan pembelajaran dimulai (mengkomunikasikan).
Ø Siswa
membaca lancar narasi berjudul “Awal
Belajarku” yang diarahkan pada
pengamalan sila pertama Pancasila
(mengumpulkan informasi)
PPKN.
Ø Siswa menjawab
pertanyaan sesuai isi teks tentang sila pertama Pancasila
(mengasosiasikan).
Ø Siswa
mengamati gambar tentang
sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila
(mengamati).
Ø Siswa menjawab
pertanyaan tentang gambar yang telah
diamati (mengasosiasikan).
Ø Siswa menjelaskan gambar
dengan bahasa sendiri berdasarkan sikap yang
pantas dan tidak pantas ditiru (mengkomunikasikan).
Ø Siswa dibimbing
untuk selalu menjalankan perintah agama dengan tekun.
MATEMATIKA
Ø Siswa diarahkan
pada pengenalan berbagai pecahan uang
Ø (mengasosiasikan).
Ø Siswa diajak
bertanya jawab tentang berbagai pecahan uang yang pernah diamati (menanya dan
mengasosiasikan).
Ø Siswa diajak
mengamati gambar berbagai pecahan uang pada buku siswa (mengamati).
Ø Bertanya jawab
tentang pecahan uang yang ada pada
buku siswa (menanya).
Ø Siswa kemudian menyelesaikan
soal-soal tentang pecahan uang yang
disediakan pada kolom latihan
(mengumpulkan informasi).
Ø Siswa mengoreksi
jawaban yang telah
dibuat (meng- asosiasikan).
SBDB
Ø Siswa
menyanyikan lagu “Di Sini Senang di
Sana Senang”
Ø Siswa menyanyikan
lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”
sambil menggerakkan anggota tubuh sesuai nyanyi (mengumpulkan informasi).
BAHASA INDONESIA
Ø Siswa
membaca lancar tentang
“Tugas Dayu di
Kelas”
Ø (mengamati).
Ø Siswa
menyebutkan isi teks tentang “Tugas Dayu
di Kelas”(mengkomunikasikan).
|
60 Menit
|
|
-
Guru menyuruh siswa
membuka buku paketnya (hal.12), kemudian menjelaskan kegiatan yang sedang
dilakukan seseorang pada gambar tersebut dan menyuruh siswa untuk
mempraktekkan gambar yang ada pada buku. Ada siswa yang langsung
mempraktekkannya, ada siswa yang mengganggu temannya, dan guru membimbing
mereka yang mengganggu temannya.
-
Siswa menyakan do’a
apa yang harus di ucapkan ketika memulai suatu pelajaran, kemudian guru mencoba
menyakannya kembali kepada siswa, ada yang menjawab “bismillah” ada juga yang
menjawab “membaca surat al-fatihah) kemudian guru menjelaskannya dan menyuruh
siswa untuk mengucapkan do’a tersebut.
-
Guru menanyakan
kepada siswa tentang kegiatan sebelum melaksanakan pelajaran, ada yang menjawab
berbaris dahulu, duduk rapi, dan ada juga yang menjawab cuci tangan dahulu.
Kemudian Guru meluruskan tanggapan siswa.
-
Guru menyuruh siswa
membaca narasi dengan serempak dan kemudian menyuruh salah satu siswa untuk
membaca satu paragraf dan salah satu siswa yang lain ditunjuk guru untuk
melanjutkannya. Begitu seterusnya sampai narasi tersebut selesai.
-
Guru menyuruh siswa
untuk mengisi soal yang ada di buku paketnya (hal.13) setelah membaca narasi
(rangkaian jawaban yang menjadi cerita). Siswa terlihat kesulitan untuk
mengerjakannya, dan kedua guru membimbing mereka dalam mengisi soal
(mengarahkan).
-
Guru menyuruh salah
satu murid (bergantian) untuk menjelaskan dengan bahasanya sendiri tentang
contoh perilaku yang tertera pada gambar (hal.15). sebagian murid ada yang
malu-malu untuk berdiri di depan teman-temannya dan ada juga murid yang maju
tanpa disuruh oleh guru.
-
Guru menjelaskan
perbuatan baik dan perbuatan buruk kepada siswa, dan mengajak siswa untuk
selalu berbuat benar karena perbuatan buruk akan mengakibatkan kerugian
kepada diri sendiri dan kepada lingkungan (menjelaskan kepada siswa).
Beberapa siswa mendengarkan dan ada beberapa yang masih mengganggu
teman-temannya, guru kedua mengondisikan.
-
Guru menunjukkan
uang kepingan Rp. 100, Rp. 200, Rp. 500, dan Rp. 1000 kepada siswa dan
menanyakan nilai rupiah (guru mengangkat uang Rp. 200 dan Rp. 100) kemudian
siswa menjawab “dua ratus rupiah dan tiga ratus rupiah pak” kemudian guru
menyuruh siswa menambahkan nilai uang tersebut (200+100=300). Begitu
seterusnya.
-
Guru menyuruh siswa
untuk mengisi pertanyaan yang ada di buku paketnya (menuliskan nilai pecahan
rupiah dari angka ke huruf) dan menyuruhnya untuk mengumpulkan di depan untuk
dinilai. Mengembalikan buku kepada siswa jika ada jawaban yang kurang tepat,
dan menyuruhnya untuk memperbaiki.
-
Selagi guru utama
menilai jawaban siswa, guru kedua
mengajak siswa untuk bernyanyi agar tidak ada siswa yang mondar-mandir atau
main-main sambil menunggu bukunya selesai diberi nilai oleh guru. Guru kedua
meminta beberapa siswa untuk maju ke depan dan memperagakan lagu “disini
senang disana senang” sesuai intruksi guru kedua.
-
Setelah Guru utama
selesai memberikan nilai, guru menyuruh siswa membaca teks pada buku (hal.17)
dan menyuruh beberapa murid untuk membaca ulang teks setelah dibaca bersama.
Dan siswa yang lain diperhatikan guru kedua untuk mendengarkan.
|
Penutup
|
Ø Menanyakan
kembali sedikit pembelajaran yang sudah dipelajari hari ini sekaligus
bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
Ø Bersama-sama
membuat kesimpulan atas pelajaran hari ini
Ø Melakukan
penilaian hasil pelajaran
Ø Mengajak semua
sisiwa berdo’a menurut agama dan kepercayaanya masing-masing (untuk
mengakhiri kegiatan
Ø Guru memberikan
nasehat dan memotivasi siswa sebelum pulang
|
25 Menit
|
|
-
Guru menanyakan
kegiatan apa yang harus dilakukan sebelum memulai pelajaran(mengulang), murid
menjawab dan beberapa murid mengikuti temannya yang sudah tahu.
-
Guru dan murid menyimpulkan
pelajaran (guru membimbing murid-murid dalam penyimpulan hasil belajar) yang
baru saja disampaikan.
-
Guru memberikan
apresiasi dan reward berupa ucapan kepada siswa sebagai penilaian hasil
pelajaran.
-
Ketika Guru
memberikan motivasi, beberapa murid terutama murid laki-laki sudah tidak bisa
mendengarkan karena sudah ingin pulang (kurang kondusif).
-
Guru menutup
pertemuan hari ini, dan murid-murid berbaris untuk bersalaman kepada kami.
|
TEMA : Aku dan Sekolah Ku
SUBTEMA :
Tugas-tugas Sekolah Ku
PEMBELAJARAN KE : 3
(Tiga)
Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
|
DISKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
KETARANGAN
|
HASIL
|
Pendahuluan
|
·
Guru(Islakhul) mengucapkan salam untuk membuka
pertemuan hari ini
·
Guru menanyakan kabar siswanya hari ini
·
Guru mengabsensi pertemuan
hari ini
·
Guru menenerangkan agenda pelajaran hari ini
|
20 Menit
|
Jam pertama Guru
Utama Islakhul Muttaqin.
Jam kedua Guru
Utama Murod Ihsan Kamal.
|
-
Siswa menjawab
salam dengan suara yang keras tak serempak. Ketika absensi suasana kelas
tidak kondusif (gaduh) karena siswa berlomba menjawab “hadir” dengan suara
keras, terutama murid laki-laki. Ada siswa yang masih bermain dengan temannya
ketika guru utama menerangkan agenda pelajaran, dan guru kedua menegurnya.
-
Setelah suasana kondusif guru utama menerangkan
pelajaran hari ini dan meminta siswa mengeluarkan bukunya di bantu dengan
guru pendamping
|
Inti
|
SBDB
Ø Siswa
mengamati gambar tentang
kegiatan Dayu dan temannya dalam bernyanyi sambil
bermain dengan teliti (mengamati).
Ø Siswa menyebutkan
hal-hal pokok dari
gambar yang diamati
(mengasosiasikan).
Ø Siswa diarahkan
mengajukan pertanyaan tentang gambar dengan percaya diri (menanya).
Ø Siswa
diberikan kesempatan untuk
saling menukarkan jawaban
yang telah dibuat dengan teman di
sampingnya (mengkomunikasikan).
Ø Siswa mengamati
gambar berbagai kegiatan tentang gerak anggota tubuh (memegang kepala,
pundak, lutut, dan kaki) (mengamati).
Ø Siswa menirukan
gerakan bermain sambil bernyanyi sesuai gambar (mengumpulkan informasi).
BAHASA INDONESIA
Ø Siswa
membaca lancar teks tentang “Tugasku
Hari Ini”dengan percaya diri
(mengamati).
Ø Siswa
menceritakan kembali sesuai dengan isi
teks yang telah dibaca (mengkomunikasikan)
MATEMATIKA.
Ø Siswa
diajak untuk mengenal
berbagai pecahan uang sampai Rp5.000 (mengasosiasikan).
Ø Siswa mengerjakan soal-soal
yang berkaitan dengan pecahan uang sampai Rp5.000
(mengasosiasikan).
Ø Siswa memeriksa
kebenaran jawaban yang
telah dibuat dan saling melengkapi dengan siswa yang
lain (mengasosiasikan).
|
60 Menit
|
|
-
Guru menyuruh siswa
untuk membuka buku paketnya (hal. 23), dan menyuruh siswa untuk mengamati
gambar pada halaman tersebut. Dan guru kedua membimbing siswa yang masih
bercanda dengan teman sebangkunya.
-
Ketika guru meminta
siswa untuk bertanya, para siswa bertanya serempak dengan pertanyaan yang
berbeda-beda. Dan guru utama menunjuk satu orang siswa untuk bertanya,
kemudian siswa yang lainnya ditunjuk untuk bergantian bertanya setelah
dijawab guru.
-
Guru mengajak siswa
untuk bernyanyi “kepala pundak lutut kaki” sambil memperagakannya di depan
dan meminta beberapa siswa maju kedepan. Ketika bernyanyi, guru mencoba
melatih konsentrasi siswa dengan menyebutkan pundak namun memegang kepala.
Banyak siswa yang terjebak, sampai beberapa kali diulang (dengan opsi yang
berbeda) hanya sebagian (3-5 siswa) yang masih tidak berkonsentrasi.
-
Guru utama meminta
salah satu siswa untuk membaca teks dan siswa yang lain mendengarkan, guru
kedua mengkondisikan agar siswa yang lain mendengarkan.
-
Guru utama mengeluarkan uang lembaran (Rp.
2000 dan Rp. 5000) dari dompetnya dan memperlihatkannya kepada siswa, ada
yang spontan menjawab dan ada yang masih bengong ketika guru utama meminta
siswa untuk menjumlahkan nilai dari kedua uang lembar tersebut.
-
Guru menyuruh siswa
mengisi soal tentang uang di buku paketnya (hal.25) dan meminta meraka untuk
mengumpulkan ke depan jika sudah selesai untuk dinilai oleh guru utama, dan
guru kedua mengkondisikan kelas supaya tidak gaduh dan membimbing siswa yang
masih belum benar mengisi jawaban.
|
Penutup
|
·
Guru
memberikan penghargaan dan penguatan terhadap prestasi belajar
siswa, misalnya dengan
penghargaan verbal sederhana
untuk memotivasi siswa.
·
Guru memberikan pertanyaan tentang pelajaran hari
ini
·
Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa
sendiri(mengkomunikasikan).
·
Guru membantu siswa untuk menarik kesimpulan
pelajaran hari ini
·
Siswa dan Guru
menyanyikan lagi sayonara sebelum pulang
·
Siswa berdoa
untuk mengakhiri pertamuan hari ini
|
25 Menit
|
|
-
Guru memberikan
reward berupa ucapan kepada siswa, dan siswa bersorak “hore” ada juga yang
mengucap “alhamdulillah”.
-
Ketika guru utama
memberikan motivasi kepada siswa, kebanyakan siswa memasukkan buku dan alat
tulisnya ke dalam tas, namun ada juga yang sudah berlari ke pintu untuk
pulang, guru kedua memintanya untuk duduk kembali dan mendengarkan motivasi
dari guru utama.
-
Ketika bernyanyi
sayonara, siswa bersuara dengan keras dan keadaan kelas ramai. Ada yang
bernyanyi sambil berdiri, sambil lari (siswa sudah tidak sabar untu pulang
karena guru sudah melewati jadwal pembelajaran).
-
Guru menutup
pertemuan hari ini, dan murid-murid berbaris sambil berdesakan untuk
bersalaman kepada kami.
|
No comments:
Post a Comment
komunikasi
email: choirulalfa77@gmail.com