Apa yang anda butuhkan sobat

Sunday, March 10, 2019

LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS SACKS SENTENCE COMPLETION TEST (SSCT)

LAPORAN HASIL PEMERIKSAAN PSIKOLOGIS
SACKS SENTENCE COMPLETION TEST (SSCT)


Oleh :
Mukhammad Luluk Cahyantoro (201460054)



FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2016


I.                   IDENTITAS SUBJEK
Nama                                       : Erliza Rachmadiana
Tempat tanggal lahir               : Jepara, 1 februari 1998
Anak ke                                   : 2 dari 2 bersaudara
Jenis Kelamin                          : Perempuan
Usia                                         : 17 tahun
Pendidikan                              : SMA N 1 Pecangaan Jepara
Tanggal Tes                            : 6 April 2016
Tester                                      : Mukhammad Luluk Cahyantoro

II.                HASIL PEMERIKSAAN
Aspek Yang Diungkap
Norma
Keterangan
1.         Penyesuaian terhadap keluarga
a.         Sikap terhadap ibu
b.        Sikap terhadap ayah
c.         Sikap terhadap kehidupan keluarga

1
0
0

Ada sedikit gangguan
Tidak ada gangguan
Tidak ada gangguan
2.         Penyesuaian dalam bidang seks
a.         Sikap terhadap wanita
b.        Sikap terhadap hubungan heteroseksual

0
0

Tidak ada gangguan
Tidak ada gangguan
3.         Penyesuaian dalam hubungan interpersonal
a.         Sikap terhadap teman
b.        Sikap terhadap atasan
c.         Sikap terhadap bawahan
d.        Sikap terhadap teman sejawat

0
0
0
0

Tidak ada gangguan
Tidak ada gangguan
Tidak ada gangguan
Tidak ada gangguan
4.          Penyesuaian dalam konsep diri
a.         Sikap terhadap ketakutan
b.        Sikap terhadap rasa bersalah
c.         Sikap terhadap kemampuan diri
d.        Sikap masa lalu
e.         Sikap terhadap masa yang akan datang
f.          Sikap terhadap tujuan hidup

1
1
0
0
0
0

Ada sedikit gangguan
Ada sedikit gangguan
Tidak ada gangguan
Tidak ada gangguan
Tidak ada gangguan
Tidak ada gangguan
III.             INTERPRETASI
General Summary
Dari penyesuaian aspek yang diungkap diketahui bahwa testee tidak mengalami gangguan yang signifikan atau berat namun testee mengalami sedikit konflik dalam aspek tertentu saja dan di mungkinkan testee dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan cara testee sendiri (belum membutuhkan pendampingan).
Dalam penyesuaian sikap terhadap keluarga, testee memiliki sedikit konflik.Hubungan antara testee dengan ibunya sedikit kurang harmonis karena testee merasa bahwa ibunya tidak sejalan dengan pikirannya. Dan pada hubungan Testee dengan ayahnya serta keluarganya baik. Bagi Testee ayahnya adalah ayah yang dapat di buat contoh karena ayahnya baik hati dan tidak pernah marah.  .
Penyesuaian sikap testee terhadap bidang seks baik (tidak ada gangguan). Testee melihat bahwa wanita sempurna itu wanita yang tidak bertentangan dengan kodratnya. Begitu pula dengan hubungan heteroseksual, testee melihat bahwa tidak wajar bila laki-laki dan perempuan berjalan maka iya akan bersikap biasa, karena menurut testee hubungan pernikahan adalah rumit, bahagia dan fantastik. Testee juga mengharapkan perilaku dari jenis kelamin lain sesuai dengan kebutuhan, keberadaan dan yang salah tentang norma dan agama karena menurut testee agamanya melarang sebelum waktunya .
Penyesuaian sikap terhadap hubungan interpersonal testee tidak ada gangguan. Dimana testee merasa  teman sejati adalah teman yang mau menerima kekurangannya, iya juga tidak senang dengan teman yan membicarakan orang lain, teste juga senang terhadap teman yang mampu menginspirasi. Teman-teman testee akan sedih bila tidak ada testee. Teste apabila di sekolah selalu mematuhi aturan, teste merasa bahwa guru di sekolahnya ada yang baik dan ada yang biasa saja, dan apabila ada guru yang datang teste akan bersikap diam dan tenang menghormati orang-orang yang lebih tua atau orang-orang yang lebih tinggi derajatnya. Testee juga bertanggung jawab dengan bawahannya dan sikap dengan teman sekerja teste akan senang berhubungan dengan teman-teman yang di anggap mampu ikut melakukan juga yang berfikiran sama dengan testee.
Dalam penyesuaian sikap terhadap konsep diri, testee mengalami beberapa gangguan. Diantaranya sikap testee terhadap ketakutan, rasa bersalah, dan terhadap masa depan. Selain takut terhadap hewan (kucing) testee juga merasa bersalah terhadap dirinya sendiri ketika melalaikan solat juga menyusahkan ibunya pada waktu kecil. Teman-teman testee mengetahui bahwa testee takut dengan hal-hal itu sehingga testee ingin menghilangkan ketakutannya tersebut karena ketakutan itu seringkali testee bersikap aneh.
Masa lalu testee merasa sudah bisa mandiri dan bahagia, jika kembali ke masa lalu testee ingin bermain dengan teman-temannya karena bagi testee itu merupakan peristiwa paling berkesan baginya.
Untuk masa depan dan cita-citanya, testee merasa masa depannya akan nampak begitu cerah. Testee akan melakukan pekerjaan sesuai aturan dan menjadi seorang yang di banggakan oleh keluarganya dan menjadi perempuan yang berguna. Testee selalu menginginkan selalu untuk bisa terbang selain itu ingin menggapai impian-impian dan menjadi seorang yang berguna bagi orang lain. kehidupan yang selalu berjalan sesuai dengan keinginan.

IV.             KESIMPULAN
Dari hasil interpretasi diatas, didapatkan kesimpulan bahwa testee memiliki sedikit gangguan penyesuaian terhadap keluarga dan penyesuaian terhadap konsep diri yang menjadikan testee tidak begitu baik dalam melakukan penyesuaiannya.
Namun dibalik itu, testee memiliki penyesuaian yang baik terhadap bidang seks dan kemampuan interpersonalnya sehingga testee dapat menjalankan penyesuaian bidang seks dan kemampuan interpersonalnya. Diharapkan bahwa dengan kemampuan penyesuaian diri testee yang baik terhadap hubungan interpersonal itu akan membantu testee dalam memperbaiki penyesuaian testee terhadap konsep diri dan diutamakan untuk penyesuaian terhadap keluarganya.


SSCT RATING SHEET
I.              Penyesuaian Terhadap Keluarga :
a.        Sikap terhadap ibu
14    : ibu saya adalah orang yang baik terhadap saya                                            (0)
29    : ibu saya dan saya jarang memiliki kebiasaan yang sama                             (1)
        Inquiri : ibu saya rajin beda sama saya yang malas
44    : saya pikir bahwa semua ibu menyayangi anaknya                                       (0)
        Inquiri : ibu sangat sayang terhadap saya
59      : terkadang ibu saya tidak sejalan dengan pemikiran saya                             (1)
Inquiri : saat saya memberikan kritikan kadang tidak sepen dapat
b.        Sikap terhadap ayah
1      : Saya merasa bahwa ayah saya jarang marah                                                (0)
Inquiry : memang tidak pernah marah
16    : Seandainya ayah saya mau bepergian pasti seperti orang bingung              (0)
        Inquiri :bolak-balik seperti ada yang lupa
31    : Saya harap ayah saya dapat bekerja dengan baik                                         (0)
        Inquiri : saya ini berdoa biar di mudahkan pekerjaan beliau
46    : Saya merasa ayah saya adalah seorang yang patut di contoh                      (0)
        Inquiri :ayah saya baik hati tidak pernah marah
         
c.         Sikap terhadap kehidupan keluarga
12    : Dibanding dengan keluarga lainnya, keluarga saya harmonis dan agamis  (0)
27    : Keluarga yang memperlakukan saya seperti layaknya anggota keluarga    (0)
42    : Kebanyakan keluarga yang saya kenal memiliki kepribadian yang            (0)
Berbeda
Inquiri : memang berbeda , saya amalas , ibu rajin , bapak baik, kakak baik
57    : Ketika saya masih kecil, keluarga saya sangat menyayangi saya                (0)

II.           Penyesuaian Dalam Bidang Seks :
a.        Sikap terhadap wanita
10    : Menurut saya, seorang wanita yang sempurna adalah wanita yang tidak   (0)
bertentangandengan kodratnya
Inquiry : sesuai aturan
25    : Saya rasa, kebanyakan gadis memiliki kebiasaan yang sama                      (0)
Inquiri : cerita bersama dan lain-lain
40    : Saya percaya bahwa kebanyakan wanita memiliki pemikiran yang sama   (0)
        Inquiri : ya, yang namanya wanita kan memang mempunyai pikiran yang sama
55    : Yang tidak saya sukai dari wanita rempong                                                 (0)
        Inquiri : sedikit-sedikit bedak’an dan lain-lain

b.        Sikap terhadap hubungan heteroseksual
11    : Seandainya saya melihat laki-laki dan seorang perempuan berjalan           (0)
        Saya akan bersikap seperti biasa
Inquiry : cuek
26    : Pendapat saya tentang kehidupan perkawinan adalah bahagia, rumit          (0)
dan fantastik
Inquiri : terkadang memang bahagia juga terkadang ada kres sedikit tapi baik kembali
41    : Yang saya harapkan dari jenis kelamin lain sesuai dengan kebutuhan        (0)
Dan keberadaannya
Inquiri : kalau mau nanya kepada cewek itu tidak usah lama-lama seharusnya mereka kumpul dengan teman laki-laki biar tidak berdosa (bukan muhrim)
56    : Pendapat saya tentang seks yang salah dari aturan norma dan agama         (0)
        Tidaklah benar
        Inquiri : agama saya kan melarang sebelum waktunya
III.        Penyesuaian Dalam Hubungan Interpersonal :
a.        Sikap terhadap teman
8      : Saya rasa, seorang teman sejati adalah teman yang mau menerima                         (0)
Kekurangan saya adanya                   
23    : Saya tidak menyukai orang-orang yang membicarakan orang lain              (0)
        Inquiri : tidak suka saja
38    : Orang-orang yang sangat saya sukai adalah orang orang yang dapat         (0)
Menginspirasi saya.
        Inquiri : seperti presiden sukarno
53    : Bila saya tidak ada, teman-teman saya akan sedih karena kehilangan        (0)
saya    
Inquiri : sepi karena tidak ada saya
b.        Sikap terhadap atasan
6      : Guru saya baik jika saya mematuhi aturan                                                   (0)
Inquiry : saya selalu mematuhi aturan
21    : Di sekolah guru-guru saya ada yang baik dan ada yang biasa saja              (0)
36    : Bila saya melihat guru saya saya akan diam dan bersikap tenang               (0)
        Inquiri : serius dan menghargai
51    : Orang yang saya anggap lebih tinggi derajatnya dari saya  adalah              (0)
        orang-orang yang lebih tua dari saya
c.         Sikap terhadap bawahan
4      : Seandainya saya diserahi tanggung jawab saya akan menyelesaikan          (0)
        dengan sepenuh hati
19    : Bila ada orang yang bekeja untuk saya akan berterimakasih                       (0)
34    : Orang-orang yang bekerja di bawah pimpinan saya ikut membantu pekerjaan yang di lakukan bersama                                                                                   (0)
        Inquiri : teman- teman saya ikut membantu
48    : Dalam menyempaikan intruksi terhadap orang lain, saya lebih berhati-hati dan tidak memaksakan kehendak                                                                                  (0)
Inquiri : saya orangnya berhati-hati dalam menyampaikan sesuatu terhadap orang sehingga saya dapat di hargai dan tidak menyinggung orang lain
d.    Sikap terhadap teman sekerja
       13   : dalam melakukan sesuatu,saya paling senang berhubungan dengan teman
       Teman yang saya angap mampu ikut melakukan                                                   (0)
       Inquiri :  melakukan aktifitas yang sama, saya bisa dan teman saya bisa
       28   : semua yang bekerja bersama saya adalah orang – orang yang                    (0)
                        ber kepribadian berbeda
                        Inquiri : ada yang acuh takacuh ada yang baik dan lain-lain
       43   :saya senang berkerja sama dengan orang –orang yang berfikiran sama       (0)
              Dengan saya
              Inquiri : bisa sama-sama bisa jadi nyambung apabila mengerjakan sesuatu
       58   : orang –orang yang berkerja sama saya, biasanya berfikiran sama dengan (0)
              Saya
              Inquiri : sama sepemikiran

IV.        Penyesuaian Dalam Konsep Diri :
a.      Sikap terhadap ketakutan
7       : Saya tahu bahwa perasaan ini tidak wajar, tetapi saya takut terhadap         (1)
Kucing
Inquiry : saya takut kalau kucing itu menggigit
22     : Banyak teman-teman saya yang tahu bahwa saya takut terhadap kucing    (1)
         Inquiri : saya takut kalau kucing menggigit
37     : Saya harap, saya dapat membuang ketakutan saya terhadap                       (1)
Sesuatu hal yang saya anggap sulit di kerjakan
Inquiri : dalam mengerjakan tugas kan sulit sekali sehingga saya akan meninggalkannya
52     : Ketakutan saya sering memaksa saya untuk berbuat bukan seperti saya     (1)
Inquiri : saya kan orang yang menjadi juara taikondo  tapi takut terhadap kucing kontras seperti bukan saya
b.      Sikap terhadap rasa bersalah
15     : Saya akan melakukan apa saja untuk melupakan waktu dimana saya         (1)
Merasa paling bersalah
Inquiri :ya kalau aku salah
30     : Kesalahan saya yang terbesar adalah melalaikan solat                                (1)
         Inquiri : tidak lalai tapi telat atau tidak tepat waktu
45     : Ketika saya masih kecil, saya merasa bersalah tentang menyusahkan                                ibu saya                                                                                                  (0)
Inquiri : memang benar kan pada waktu kecil saya menangis ingin minum susu pokoknya kalau momong anak kan repot
60         : Kesalahan yang paling besar yang pernah saya lakukan melalaikan solat    (1)
Inquiri : tidak tepat waktu saat solat

c.       Sikap terhadap kemampuan diri
2       : Bila sesuatu yang aneh menimpa saya akan bersikap aneh pula                  (1)
Inquiry : bingung bisa mengendalikan
17     : Saya percaya bahwa saya mempunyai kemampuan untuk bisa mencapai   (0)
         Keinginan yang telah saya rencanakan
         Inquiri : bersekolah tinggi
32     : Kelemahan saya yang utama adalah malas                                                   (1)
         Inquiri : malas nyapu dan lain lainn
47     : Seandainya nasib buruk menimpa saya akan tabah dan berusaha                         mengubahnya                                                                                                  (0)
d.      Sikap masa lalu
9       : Ketika saya masih kanak-kanak saya sudah bisa mandiri                            (0)
Inquiry : saya berani berangkat sekolah sendiri
24     : Masa kanak-kanak saya bahagia                                                                   (0)
39     : Seandainya saya menjadi kecil kembali saya akan mengulangi masa         (0)
Bermain bersama teman saya
54     : Peristiwa yang paling berkesan pada masa kanak-kanak saya bermain       (0)
Bersama



e.       Sikap terhadap masa yang akan datang
5       : Bagi saya, masa depan Nampak begitu cerah                                              (0)
20     : Saya mempunyai rencana untuk melakukan pekerjaan  sesuai aturan         (0)
         Inquiri : bekerja sepenuh hati
35     : Suatu ketika saya akan menjadi seorang yang di banggakan oleh               (0)
         Keluarga saya
50     : Bila saya bertambah dewasa saya akan menjadi perempuan yang berguna (0)
         Inquiri : seperti ibu kita kartini
f.        Sikap terhadap tujuan hidup
3       : Saya selalu ingin untuk bisa terbang                                                                        (0)
Inquiry : naik pesawat
18     : Saya akan benar-benar bahagia bila saya dadapat menggapai                     (0)
         impian – impian saya
33     : Ambisi saya yang tersembunyi tentang hidup adalah menjadi                    (0)
seorang yang berguna bagi orang lain
49     : Yang saya inginkan dalam kehidupan berjalan sesuai dengan                    (0)
         keinginan saya

         Inquiri : saya ingin perjalanan yang enak

No comments:

Post a Comment

komunikasi
email: choirulalfa77@gmail.com

MAKALAH AKUNTANSI KEPERILAKUAN. Yuk kepoin

COVER MAKALAH AKUNTANSI KEPERILAKUAN PROGRAM STUDI S1 AKUNTANSI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS SEMARANG 2019 KATA...

Choirulalfa.blogspot.com